Senin, 24 Oktober 2011

Rekrutmen PT. PLN (Persero) untuk tingkat D3 - S1 dengan penempatan di Indonesia Tengah dan Timur



PT. Perusahaan Listrik Negara Persero (disingkat PLN) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Direktur Utamanya adalah Dahlan Iskan, yang dilantik pada 23 Desember 2009 menggantikan Fahmi Mochtar (yang menjabat sejak 2008).


Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkitan tenaga listrik untuk keperluan sendiri. Pengusahaan tenaga listrik untuk kepentingan umum dimulai sejak perusahaan swasta Belanda NV. NIGM memperluas usahanya di bidang tenaga listrik, yang semula hanya bergerak di bidang gas. Kemudian meluas dengan berdirinya perusahaan swasta lainnya.


Konsumsi listrik Indonesia secara rata rata adalah 473 kWh/kapita pada 2003. Angka ini masih tergolong rendah dibandingkan rata rata konsumsi listrik dunia yang mencapai 2215 kWh/kapita (perkiraan 2005). Dalam daftar yang dikeluarkan oleh The World Fact Book, Indonesia menempati urutan 154 dari 216 negara yang ada dalam daftar.


Sejarah PLN
Berawal di akhir abad ke 19, perkembangan ketenagalistrikan di Indonesia mulai ditingkatkan saat beberapa perusahaan asal Belanda yang bergerak di bidang pabrik gula dan pabrik teh mendirikan pembangkit listrik untuk keperluan sendiri.


Pada tanggal 1 Januari 1961, Jawatan Listrik dan Gas diubah menjadi BPU-PLN (Badan Pimpinan Umum Perusahaan Listrik Negara) yang bergerak di bidang listrik, gas dan kokas yang dibubarkan pada tanggal 1 Januari 1965. Pada saat yang sama, 2 (dua) perusahaan negara yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai pengelola tenaga listrik milik negara dan Perusahaan Gas Negara (PGN) sebagai pengelola gas diresmikan.

Pada tahun 1972, sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.17, status Perusahaan Listrik Negara (PLN) ditetapkan sebagai Perusahaan Umum Listrik Negara dan sebagai Pemegang Kuasa Usaha Ketenagalistrikan (PKUK) dengan tugas menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum.

Seiring dengan kebijakan Pemerintah yang memberikan kesempatan kepada sektor swasta untuk bergerak dalam bisnis penyediaan listrik, maka sejak tahun 1994 status PLN beralih dari Perusahaan Umum menjadi Perusahaan Perseroan (Persero) dan juga sebagai PKUK dalam menyediakan listrik bagi kepentingan umum hingga sekarang.


Visi
  • Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani.
Misi
  • Menjalankan bisnis kelistrikan dan bidang lain yang terkait, berorientasi pada kepuasan pelanggan, anggota perusahaan dan pemegang saham.
  • Menjadikan tenaga listrik sebagai media untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.
  • Mengupayakan agar tenaga listrik menjadi pendorong kegiatan ekonomi.
  • Menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. 
Moto
  • Listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik
Berkarir di PLN
PT PLN (Persero) merupakan perusahaan penyedia jasa kelistrikan terbesar di Indonesia.  Dengan visi untuk “Diakui sebagai Perusahaan Kelas Dunia yang Bertumbuh kembang, Unggul dan Terpercaya dengan bertumpu pada Potensi Insani”, PT PLN (Persero) berkomitmen untuk melistriki seluruh Nusantara. 

Kami percaya bahwa Potensi insani merupakan aset terbesar dan masa depan kami, karenanya kami berinvestasi besar untuk mendapatkan calon-calon pemimpin masa depan yang akan mengembangkan PT PLN (Persero) menjadi Perusahaan Kelas Dunia dan menghadapi tantangan bisnis di masa yang akan datang.


PENGEMBANGAN KARIER & KOMPETENSI DI PT PLN (PERSERO)
Kesempatan mengembangkan diri terbuka sangat lebar sejak Anda bergabung bersama kami sepanjang karier Anda bersama PT PLN (Persero). Kami menyediakan berbagai program untuk menunjang profesionalitas dan kompetensi Anda, antara lain :
  1. Pelatihan, dan workshop di Pusat Pendidikan dan Pelatihan PT PLN (Persero)
  2. Workshop dan seminar di berbagai institusi dalam/luar negeri
  3. Sertifikasi Profesional
  4. Beasiswa selektif untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Perguruan Tinggi dalam/luar negeri
  5. Executive dan Senior Specialist Education
  6. Internal Job Posting
  7. Tugas karya di anak perusahaan PT PLN (Persero)
  8. Talent Pool untuk menjaring dan akselerasi karier pegawai potensial
  9. Coaching, Mentoring dan Manajemen Unjuk Kerja Pegawai
REKRUTMEN
Kami mencari calon-calon pemimpin dari seluruh penjuru Nusantara. Andakah yang kami cari ?

Saat ini, PT PLN (Persero) membuka REKRUTMEN PEGAWAI TINGKAT S1/D4 - D3  untuk periode kerja TAHUN 2012 dengan penempatan di INDONESIA TENGAH DAN TIMUR (KALIMANTAN, SULAWESI, NUSA TENGGARA, PAPUA)

Assistant Engineer di bidang Distribusi Tenaga Listrik (ED) (level S1/D4)
Junior Engineer di bidang Distribusi Tenaga Listrik (TDT) (level D3)
Junior Engineer di bidang Distribusi Tenaga Listrik (PNG) (level D3)

PERSYARATAN
1.  UMUM
  • Seleksi penerimaan dilaksanakan di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Peserta dapat memilih sendiri tempat seleksi yang diinginkannya;
  • Jenis Kelamin Laki-laki;
  • Status belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menjalani Diklat Prajabatan;
  • Batas Usia = untuk S1/D4 : Kelahiran 1985 dan sesudahnya; untuk D3 : Kelahiran 1987 dan sesudahnya.
  • Bidang Studi sesuai dengan jabatan yang dilamar;
  • IPK = IPK > 2,75 untuk Teknik; IPK > 3,00 untuk Non Teknik;
  • Satu pelamar hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) kode jabatan saja sesuai bidang studi yang dimiliki;
  • Pelamar setingkat S1/D4 tidak boleh memilih jabatan setingkat D3 (down grade);
  • Sehat jasmani dan rohani untuk melaksanakan tugas pekerjaan di PT PLN (Persero) di seluruh Indonesia;
  • Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti seleksi dan Diklat Prajabatan yang diselenggarakan oleh PT PLN (Persero);
(Catatan : PENDAFTARAN DITUTUP TANGGAL 31 OKTOBER 2011 PUKUL 12.00 WIB)


Bagi kandidat yang tertarik untuk berpartisipasi dalam proses rekrutmen PT. PLN (Persero) ini, silakan temukan informasi lengkap mengenai kualifikasi pelamar yang diperlukan, dokumen yang harus dipersiapkan serta tata cara registrasi dan pelamaran kerjanya di

sumber : lokerspot

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar