Jumat, 28 Oktober 2011

Bagaimana Menjawab Pertanyaan Wawancara yang Sering Diajukan ?

http://lokernesia.blogspot.com/2011/10/bagaimana-menjawab-pertanyaan-wawancara_29.html

Para Pencari kerja berinvestasi waktu dalam penyusunan lamaran mereka, menghubungi pencari kerja yang potensial dan berharap untuk menerima panggilan untuk wawancara. Seorang pencari kerja yang mempersiapkan diri dengan baik tentu tahu bahwa dia perlu mempersiapkan diri dengan berlatih menanggapi pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pihak pencari kerja. Sewaktu persiapannya, dia meningkatkan kemampuannya untuk selalu merespon dengan baik selama wawancara.

Menjawab Pertanyaan Wawancara
Langkah ke 1
Dengarkan dengan cermat pertanyaan yang diberikan. Manajer (pihak pemberi kerja) tentu berbicara pada kecepatan yang berbeda dan pada nada yang berbeda. Tunggu manajer untuk menyelesaikan pertanyaannya sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda mendengar setiap kata katanya. Beberapa pertanyaan mulai keluar mirip dengan pertanyaan lain, tetapi berilah tanggapan yang berbeda. Misalnya, ia mungkin akan meminta Anda untuk berbicara tentang kekuatan yang ada dalam diri Anda - ketika berhadapan dengan pelanggan. Jika Anda hanya mendengarkan bagian pertama dari pertanyaan, Anda mungkin memberikan jawaban yang salah.

Langkah ke 2
Beri Jeda sebelum Anda menjawab. Tunggu beberapa saat setelah manajer berhenti berbicara untuk memastikan bahwa Anda mendengar pertanyaan secara lengkap. Pikirkan tentang poin-poin utama yang ingin Anda sertakan dalam tanggapan Anda dan buat jawaban secara tegas dan tepat pada tahap ini.

Langkah ke 3
Berikan jawaban Anda secara lengkap dan singkat. Ketika Anda menjawab pertanyaan, jawablah pertanyaan manajer secara langsung, termasuk poin utama yang Anda memang rencanakan untuk disertakan dalam jawaban tersebut. Pastikan juga Anda menjawab semua bagian dari pertanyaan manajer. Abaikan keinginan Anda untuk mengoceh.

Langkah ke 4
Ulangi poin kunci Anda dua atau tiga kali sepanjang jawaban Anda. Mulailah jawaban Anda dengan menyatakan poin kunci Anda. Uraikan tentang bagaimana Anda mempraktekkannya di tempat kerja sebelumnya atau di sekolah (kuliah). Akhiri jawaban Anda dengan menegaskan kembali poin-poin kunci. Mengulangi poin-poin ini akan memperkuat mereka dengan pewawancara.

Langkah ke 5
Sertakan detail mengesankan dalam jawaban Anda
. Pewawancara menghabiskan waktu dengan beberapa kandidat sebelum membuat keputusan. Anda tentu ingin pewawancara untuk mengingat waktunya dengan Anda. Dengan setiap respon, termasuk detail yang menyebabkan tanggapan Anda selalu diingat dalam pikiran pewawancara. Sebagai contoh, ketika Anda menanggapi pertanyaan "Ceritakan tentang diri Anda sendiri," termasuk detail yang akan menjadi seperti langkah menuju podium juara pada arena balap atau dengan kata lain bahwa Anda berhasil memenangi persaingan dengan kandidat lain.

Semoga Sukses !

Hormat Kami,
Tim Kontributor LoKerNesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar