Senin, 17 Oktober 2011

Apa yang seharusnya ada dalam Daftar Riwayat Hidup (CV) Anda ?


Ketika Anda mendengar pepatah "sebuah gambar menceritakan seribu kata", ini berarti bahwa sebuah gambar dapat menceritakan sebuah kisah dengan mudah jika dibandingkan dengan sejumlah besar teks. Hal yang sama berlaku tentang Daftar Riwayat Hidup (CV/ Resume) profesional Anda. Resume Anda dapat memberitahu pembaca banyak tentang jenis pekerja/ orang seperti apa mengenai Anda.

Selama salah satu peran saya yang paling awal sebagai agen perekrutan, saya diminta untuk menemukan daftar dari 5 kandidat untuk memenuhi posisi SDM. Posisi adalah peran entry level untuk sebuah bank investasi yang sangat terkenal dan dihormati dan meskipun klien telah memerintahkan beberapa persyaratan yang mereka inginkan dalam kandidat yang tepat (misalnya Sarjana), namun aspek yang paling penting adalah untuk menemukan calon yang akan menjadi apakah nantinya "benar cocok" untuk perusahaan ini.

Kami mulai pencarian kami untuk kandidat dengan menempatkan sebuah iklan pekerjaan di salah satu portal kerja online. Dalam waktu 3 jam kami telah lebih dari 150 resume singgah di inbox kita. Pada akhir hari, kami punya 400 resume lagi (pada tahap kami memutuskan untuk memuat iklan di Internet). Dengan klien kami yang akan segera memanggil kita, mereka ingin tahu seberapa cepat mereka akan menerima resume calon pekerja yang potensial, kami memiliki tugas mencoba untuk memilah-milah sejumlah besar resume dan menemukan 5 kandidat teratas.

Bagaimana untuk terpilih dari persaingan:
Kesan pertama sangatlah diperhitungkan! Diperkirakan bahwa manajer yang akan melakukan perekrutan atau agen perekrutan (outsourcing) akan menghabiskan tidak lebih dari 15 detik -30 untuk membaca resume Anda sebelum memutuskan apakah baik untuk melanjutkan membaca atau malah menghiraukannya. Sayangnya tidak ada satu rahasia yang akan menjamin resume Anda akan terpilih dari persaingan, tetapi ada banyak faktor yang akan menyebabkan resume Anda dihapus. Dalam pengalaman saya hal pertama yang saya cari dalam resume adalah profesionalisme.

Kesalahan ejaan dan tata bahasa yang buruk:
Ini adalah sebuah "dosa yang tak termaafkan" jika memiliki kesalahan ejaan pada resume Anda. Kesalahan ejaan dan tata bahasa yang buruk mengirimkan sinyal negatif bahwa calon tersebut adalah ceroboh, tidak bangga dengan pekerjaan-nya dan tidak memiliki profesionalisme terhadap tuntutan klien. Dalam kasus ini, bahkan saya tidak akan membaca resume tersebut melainkan akan menyingkirkan resume ini.

Tata Letak (pengaturan Layout) dan Presentasi:
Ini adalah fakta tak terbantahkan bahwa jika seorang manajer yang akan melakukan perekrutan memiliki dua resume duduk di meja, mereka secara naluriah akan tertarik pada resume yang disajikan secara profesional dan mudah dibaca. Tidak peduli apa isi dari resume tersebut, kesan pertama yang sudah dibuatlah yang akan menentukan proses keputusannya. Jika kedua kandidat mempunyai ketrampilan dan pengalaman yang sama, manajer hanya tinggal menebak saja resume mana yang akan dipilihnya.

Ketika Anda duduk untuk menulis resume Anda, ingatlah satu hal. Resume Anda adalah representasi/ perwakilan diri Anda. Dokumen pada halaman 2-3 adalah semua yang Anda harus buktikan kepada manajer yang akan mempekerjakan anda, dan bahwa Anda adalah orang yang tepat untuk pekerjaan itu. Menyajikan gambar profesional juga dapat membantu dan pastikan bahwa Anda unggul di atas pesaing Anda.

Selamat berjuang dan Semoga Sukses !

Hormat Kami,
Tim Kontributor LoKerNesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar