Minggu, 16 Oktober 2011

Apakah itu Surat Pengantar untuk pekerjaan ?


Sebuah surat pengantar bertujuan memperkenalkan dua pihak dengan harapan bahwa suatu hubungan yang saling menguntungkan akan terjadi. Anda dapat menulis surat pengantar untuk diri sendiri atau untuk orang lain. Ini adalah alat yang berguna untuk mengembangkan jaringan karir Anda dan dapat sangat membantu untuk pencarian jarak jauh di lingkup pekerjaan ketika tatap muka akan lebih sulit untuk diatur. Tujuannya adalah untuk membujuk pembaca untuk membalas pengenalan dan memulai hubungan yang dapat membuka pintu ke kesempatan kerja baru.
 
Tujuan
Dalam berburu pekerjaan, tujuan surat pengantar adalah untuk memulai hubungan dengan seseorang di sebuah organisasi di mana Anda atau orang yang Anda perkenalkan akan bekerja. Surat tersebut juga menetapkan hubungan dengan menyorot atas dasar bersama atau dengan cara lain, misalnya dengan hubungan yang akan menguntungkan kedua belah pihak. Sebagai contoh, jika kedua pihak dalam industri yang sama, mereka mungkin dapat berbagi tren industri dengan satu sama lain atau memperluas jaringan satu sama lain melalui perkenalan lebih lanjut.
    
Memperkenalkan Diri dan Orang Lain
Dalam surat tersebut perkenalkanlah diri dengan jelas, yaitu harus menyoroti keahlian dan pengalaman Anda dan mengapa Anda ingin bekerja untuk organisasi tersebut. Surat yang memperkenalkan orang lain yaitu harus menyoroti kekuatan dan menunjukkan mengapa Anda percaya dia bisa membawa nilai bagi suatu organisasi .

Metode
Email adalah media yang paling umum digunakan untuk surat pengantar pada hari-hari ini. Setelah itu, media sosial, seperti Facebook dan LinkedIn, dapat juga digunakan, terutama dalam situasi yang kurang formal atau di bidang industri teknologi tinggi. Melalui Facebook dan LinkedIn, Anda dapat memperkenalkan diri dengan format pesan pribadi, jika pihak lain telah mengatur profil mereka untuk menerima pesan dari orang-orang dengan siapa mereka terhubung. Anda juga dapat mengirim rujukan ke seseorang di mana Anda sudah terhubung dengan melalui Facebook atau LinkedIn. LinkedIn bahkan memungkinkan Anda untuk berbagi salah satu profil koneksi Anda dengan koneksi yang lain. Faksimile dan surat tertulis telah menjadi hal yang jauh kurang umum, tetapi masih dapat digunakan tergantung pada teknologi si penerima.

PertimbanganSurat itu harus singkat dan to the point. Nada surat pengantar harus lebih formal daripada yang sehari-hari anda gunakan untuk bercakap-cakap. Ini juga hal terbaik untuk menggunakan pendahuluan sebagai langkah pertama menuju panggilan atau wawancara kerja. Yang paling penting, janganlah Anda lupa untuk menyertakan informasi kontak dan hati-hati mengoreksi ejaan dan kesalahan tata bahasa yang mungkin saja bisa terjadi yang tentunya harus dihindari demi terciptanya respon balik yang positif.


Terima Kasih dan Semoga Sukses,

Tim Kontributor LoKerNesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar