Selasa, 18 Oktober 2011

Panduan untuk Etiket Bisnis dan Tata Cara di Tempat Kerja




Ketika Anda sedang memasuki sebuah pekerjaan baru atau Anda ingin menunjukkan profesionalisme di tempat kerja Anda saat ini, pastikan bahwa Anda memahami unsur-unsur dasar etika profesional. Sementara bisnis etiket dan tata krama tempat kerja mungkin kadang sangat sedikit dipahami dari perusahaan ke perusahaan, Anda akan menemukan bahwa harapan dasar yang cukup konsisten. Memahami etiket tempat kerja adalah penting untuk membuat kesan yang baik dan mendapatkan tempat di depan.


Jagalah Penampilan Anda
Jaga pakaian kerja Anda agar tetap rapi, apakah pekerjaan Anda memerlukan setelan tiga potong atau T-shirt warna tertentu. Pakaian kerja Anda harus bersih, tanpa lubang, disetrika dan cocok sesuai ukuran tubuh Anda. Bahkan pakaian sederhana pun dapat terlihat profesional jika dilihat dari kerapiannya, sehingga rekan-rekan pun akan memperhatikan pakaian yang Anda pakai setiap hari. Dengan mempertahankan standar yang tinggi untuk penampilan Anda, Anda membiarkan orang-orang di sekitar Anda tahu bahwa Anda diinvestasikan dalam melakukan pekerjaan yang baik.


Gunakan Suara Hati Anda
Ketika Anda bekerja dengan orang lain, tentunya ada sejumlah hal yang akan diharapkan. Untuk batas tertentu, kantor yang sibuk akan menciptakan suasana nyaman yang berguna pada saat karyawan bertugas. Pastikan bahwa Anda tetap sopan, tidak peduli apa pun yang Anda lakukan. Berbicaralah dengan lembut terutama jika ada percakapan telepon terjadi di sekitar Anda.


Hormati Privasi Orang Lain
Pekerja menghabiskan di atas 40 jam seminggu dengan sesama karyawan, dan dapat tergoda untuk berbicara tentang kehidupan pribadi. Sementara berbagi berita baik tentu saja dapat diterima, tetapi bergosip tentang orang lain harus dihindari. Gosip di kantor dapat memiliki konsekuensi yang parah untuk diri dan lingkungan kerja Anda. Juga ingat bahwa jika Anda akhirnya sengaja mendengar sesuatu yang sebenarnya Anda tidak harus dengar, responlah hal itu dengan benar dan berusahalah menjauh dari kerumunan orang yang berbicara dan diam tentang apa yang Anda dengar.


Ambil Tanggung Jawab Tugas Anda
Ketika Anda mengambil pekerjaan, Anda mengambil tugas-tugas tertentu dan tanggung jawab. Jika Anda tidak dapat memenuhi tanggung jawab atau jika sesuatu musibah terjadi akibat kecerobohan atau kelalaian Anda, pastikan bahwa Anda sendiri yang bertanggung jawab sampai tahap itu. Terimalah tanggung jawab atas apa yang terjadi, dan kemudian pastikan bahwa Anda menawarkan solusi yang akan mencegah hal itu terjadi lagi. Juga, pastikan Anda menyediakan waktu untuk mengintrospeksi diri Anda.


Kenali Ruang Bersama
Di banyak kantor dan bisnis, ada cukup banyak ruang untuk bersama. Apakah itu adalah ruang karyawan ataupun dapur, lakukanlah bagian Anda untuk tetap rapi. Bantulah untuk menyingkirkan sampah nyasar mulai sekarang dan kemudian dapat membuat tempat tersebut menjadi lebih menyenangkan. Juga ingat bahwa akan ada orang berbeda yang juga menggunakan ruang untuk hal-hal yang berbeda, dan sementara beberapa rekan kerja Anda menggunakan nya mungkin untuk mengobrol, beberapa orang yang lain hanya ingin pergi dari tempat itu untuk menghindari semacam itu. Hal itulah yang menyebabkan kita harus mempunyai kesadaran bersama untuk saling berbagi, agar ketentraman tetap tercipta di lingkungan Anda bekerja.


Semoga Sukses !


Hormat Kami,
Tim Kontributor LoKerNesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar