Rabu, 19 Oktober 2011

Pentingnya Analisa Kerja dan Penggunaannya

http://lokernesia.blogspot.com/2011/10/pentingnya-analisa-kerja-dan.html

Jika Anda pernah melakukan orientasi tentang pekerjaan baru atau mengikuti tes tertulis selama wawancara pekerjaan, Anda mungkin pernah menemui dengan apa yang disebut hasil analisis pekerjaan. Analisis pekerjaan adalah disiplin sumber daya manusia yang membantu pemberi kerja untuk memilih calon yang lebih baik bagi pekerjaan, mendapatkan hasil maksimal dari pekerja yang ada dan menghasilkan pelatihan yang berharga dan sebagai bahan pendidikan.

Identifikasi
Analisis pekerjaan adalah proses yang menilai persyaratan posisi kerja di sebuah perusahaan, keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan, baik itu syarat, kompensasi dari posisi dan faktor lainnya. Untuk melakukan hal ini, analisis pekerjaan membentuk sebuah metode termasuk wawancara dengan pemegang pekerjaan saat ini, wawancara dengan manajemen, kuesioner untuk karyawan internal dan pengamatan eksekusi atas pekerjaan itu. Setelah berbagai aspek pekerjaan dianalisis, informasi ini digunakan untuk menguraikan deskripsi pekerjaan dan iklan bersangkutan yang akan dibuat untuk memberi info bahwa tersedia posisi yang dimaksud dan untuk menciptakan bahan-bahan pendidikan bagi mereka yang akan memasuki pekerjaan.

Tingkat Kepentingan
Analisis pekerjaan adalah penting untuk perusahaan karena sifatnya yang fleksibel. Analisis pekerjaan seorang manajer akan memberikan ide yang lebih baik tentang bagaimana setiap pekerjaan di bawah fungsi perintah mereka, bagaimana untuk membuat operasi lebih efisien dan mana pekerjaan dapat ditambahkan atau malah dikurangi dari departemen mereka. Analisis pekerjaan juga tidak memerlukan biaya yang besar, yaitu wawancara dengan karyawan, survei perusahaan dan metode lain dari analisis biaya pekerjaan dengan hanya sedikit atau tanpa uang yang dikeluarkan, sambil tentunya akan memberikan informasi yang sangat berharga.

Menggunakan Pendidikan
Salah satu kegunaan dari penerapan analisis pekerjaan adalah untuk menciptakan dan memelihara bahan-bahan pendidikan. Sebagian besar perusahaan menggunakan semacam kelas orientasi untuk mendidik karyawan baru tentang harapan dari suatu posisi yang akan pekerja pilih. Kelas ini, yang diinformasikan oleh umpan balik analisa pekerjaan, dapat dilakukan pada sepotong kertas, pada pelajaran video atau berbasis komputer. Umpan balik dari analisis tersebut dapat digunakan untuk mendidik calon karyawan; sebagai referensi iklan pekerjaan yang sebuah deskripsi mendalam tentang pekerjaan yang akan memberitahu calon pekerja dengan persis apa saja hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan itu, dan berapa banyak pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan serta keterampilan apa saja yang kandidat harus miliki.

Gunakanlah dalam Analisis Karyawan dan Calon Pegawai
Sementara analisis pekerjaan memeriksa posisi pekerjaan itu sendiri, hasil analisis pekerjaan dapat digunakan untuk penilaian karyawan selama melaksanakan kinerja nya. Dengan membandingkan kinerja karyawan dan hasil dengan deskripsi pekerjaan dan data yang dihasilkan oleh analisis pekerjaan, manajer dapat menentukan seberapa baik karyawan memenuhi tujuan perusahaan. Data dari analisis pekerjaan dapat juga memberi pengaruh atas yang pertanyaan yang diajukan selama wawancara pekerjaan dan yang bahan (seperti tes lisan atau tertulis) yang digunakan untuk mengevaluasi kandidat.



Semoga Sukses !

Hormat Kami, 
Tim Kontributor LoKerNesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar