Senin, 07 November 2011

Bagaimana Mengelola Waktu Anda Secara Lebih Baik di Tempat Kerja ?

http://lokernesia.blogspot.com/2011/11/bagaimana-mengelola-waktu-anda-secara.html

Apakah Anda sedang mengalami masalah tentang bagaimana membuat waktu agar cukup untuk menyelesaikan semua hal yang dilakukan selama hari kerja Anda? Pada titik tertentu Anda mungkin telah menyatakan bahwa tidak ada cukup waktu dalam satu hari nya, dan bahwa Anda juga tentu ingin menghindari pekerjaan kantor yang tak kunjung selesai yang harus dibawa pulang dan dikerjakan di rumah. Apa saja yang akan kita dapatkan manfaatnya dari keterampilan untuk membantu mengelola waktu lebih baik. Berikut adalah beberapa tips yang agar dapat lebih baik dalam mengelola waktu Anda.
 
Tips ke 1 
Berhentilah mengerjakan segala macam pekerjaan dalam suatu waktu. Istilah populernya yaitu "multitask" Dan sementara multitasking adalah sifat yang sangat penting untuk menguasai sesuatu, namun apa yang banyak orang percayai adalah multitasking hanya menunda tugas, terlebih tugas utama Anda yang seharusnya didahulukan. Selesaikan dulu satu tugas dan kemudian pindah ke yang lain justru akan lebih baik daripada berusaha mengerjakan dua atau tiga tugas sekaligus. Jika Anda perlu untuk melakukan multitask, simpanlah keterampilan itu untuk saat-saat mendesak dan bila Anda tidak punya pilihan lain. Anda mungkin akan lebih santai, lebih terorganisir dan lebih terfokus jika Anda mencoba untuk melakukan hanya sebagian tugas pada satu waktu. Sebaliknya, ingatkan diri Anda untuk berhenti mengerjakan multitask tersebut jika Anda merasa bahwa Anda malah akan terbawa ke sesuatu yang lain (sesuatu yang bukan prioritas utama Anda dalam bekerja di posisi yang dimaksud). Cobalah untuk menuliskan tugas utama Anda untuk hari itu dan ikutilah apa yang sudah Anda buat tadi.
       
Tips ke 2
Uraikan tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Hanya menyatakan bahwa Anda memiliki suatu pekerjaan untuk diselesaikan tidaklah memberikan Anda gambaran yang akurat tentang bagaimana waktu Anda akan dihabiskan. Membuat garis besar adalah cara yang bagus untuk memvisualisasikan cara Anda dalam menyelesaikan tugas. Katakanlah Anda menguraikan satu tugas ke dalam empat bagian, yang memberikan Anda empat penyelesaian tujuan (Goal) yang berbeda yang akan menanamkan rasa keberhasilan terhadap keseluruhan proyek tugas Anda, sehingga bukan perasaan bahwa tujuan akhir tidak akan pernah datang. Sebetulnya, ketika Anda berfokus pada penyelesaian dalam lingkup yang lebih kecil, Anda akhirnya juga akan mencapai seluruh hal (secara satu-persatu).
      
Tips ke 3
Jangan menunda-nunda. Dalam beberapa kasus, orang-orang malah dapat berkembang di bawah itu (penundaan pekerjaan). Cobalah untuk menyimpan penundaan Anda ketika Anda benar-benar membutuhkannya. Jika Anda memiliki proyek yang harus diselesaikan dalam rentang waktu 2 minggu, cobalah untuk setidaknya memulai bagian pertama selama rentang 1-3 hari. Kemudian, bahkan jika Anda mengambil beberapa hari untuk cuti/ off dari itu, Anda akan setidaknya memiliki beberapa hal yang sudah selesai dilakukan. Bagaimana Anda akan melakukan ini, terutama jika Anda memang tipe orang penunda pekerjaan? Cobalah untuk memulai proyek dan memecahnya menjadi langkah-langkah kecil mengingat waktu utama Anda. Berikan diri Anda tenggat waktu kecil dan dengan tegas ingatkan diri Anda untuk tetap fokus pada tugas tersebut ketika Anda merasa seperti Anda akan menundanya.
        
Tips ke 4 
Luangkan waktu untuk evaluasi diri. Dengan mengevaluasi tugas yang sudah Anda lakukan dan selesaikan dalam pikiran Anda, Anda akan mampu mengidentifikasi apa saja tugas yang berhasil dan apa yang tidak. Sebuah evaluasi diri akan membuat Anda lebih efisien dalam jangka panjang dan percayalah hal itu sangat sederhana dilakukan dan tidak mengambil lebih dari satu menit untuk melakukannya. Hal ini pasti akan membantu Anda dengan tugas-tugas masa mendatang.


Semoga Sukses !

Hormat Kami,
Tim Kontributor LoKerNesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar