Kamis, 05 Januari 2012

5 Cara Sederhana agar Memiliki Etiket yang Baik di Tempat Kerja


Etika kerja yang baik hari ini berarti lebih dari hanya sekedar memberikan ekspresi wajah gembira pada rekan di sebelah bangku kerja Anda. Sikap dasar dan sopan santun penting untuk menciptakan tempat kerja yang positif, ada beberapa poin lain untuk dipertimbangkan ketika membangun tempat kerja yang baik secara etiket.
  1. Berbusana kerja yang baik dan berpenampilan higienis. Anda mungkin berpikir ini pasti mudah dipahami, tetapi bila tidak diperhatikan malah akan menjadi masalah yang cukup mengganggu Anda. Mandilah secara teratur dan memakai pakaian bersih. Demikian juga, dengan membawa sikat gigi, sebotol kecil obat kumur atau permen penyegar mulut ketika Anda merasa membutuhkannya.
  2. Tunjukkan bahwa Anda menghargai pendapat rekan kerja Anda dan mendengarkan dengan penuh perhatian tidak hanya pada telinga Anda, tetapi pada seluruh tubuh Anda. Berputarlah ke arah rekan kerja Anda dan tatap matanya secara langsung. Ulangi apa yang dia katakan untuk menunjukkan Anda memahaminya. Menawarkan kritik membangun secara positif, dan jangan lupa agar tetap atur nada suara Anda.
  3. Jadilah yang rekan kerja yang baik bagi rekan di samping bangku Anda. Jika Anda berbagi ruang kantor, sadarilah rekan kerja Anda dengan menjaga panggilan telepon agar tetap singkat dan tenang. Demikian juga, tidak melakukan obrolan pribadi di mana sementara rekan kerja Anda sedang mencoba untuk bekerja.
  4. Menghargai ruang pribadi. Perpanjang jarak satu lengan saja di depan Anda untuk menunjukkan jarak yang harus memisahkan Anda dan rekan kerja Anda. Jika dia terus mundur dari Anda ketika Anda berbicara, itu adalah indikasi yang baik bahwa Anda telah melanggar ruang pribadinya.
  5. Memperpanjang etiket tempat kerja Anda di luar hal fisik dan biasanya disebut email "netiket". Mengikuti kebijakan perusahaan Anda mengenai penggunaan email pribadi, dan menyadari bagaimana tutur kata pesan email, agar tidak dapat disalahartikan.

Terima kasih dan Semoga sukses !

Salam Hormat,


Tim Kontributor LoKerNesia

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar