Senin, 05 Oktober 2009

sistem reproduksi KEMANDULAN

By. Lutfi Hasan Basri

Kemandulan atau infertil adalah ketidakmampuan pasangan suami istri untuk mancapai kehamilan setelah berusaha selama setahun melaksanakan hubungan seksual secara teratur dan tidak menggunakan alat kontrasepsi atau perempuan yang berhasil hamil namun selalu mengalami keguguran. Kemandulan merupakan kebalikan dari kesuburan (fertil) dimana kemampuan pasangan suami istri untuk menghasilkan keturunan. Kesuburan pada laki-laki dimulai sejak masa puber hingga kematian, sedangkan pada wanita sangat terbatas yakni dimulai pada masa puber hingga masa monopause (berhentinya haid) sekitar usia 45 tahun.

Kemandulan ini ada 2 macam ; kemandulan primer adalah istilah untuk pasangan suami istri yang sama sekali belum memiliki anak. Jika sebelumnya pernah memiliki anak, tetapi kehamilan berikutnya belum berhasil dicapai, maka digunakan istilah kemandulan skunder.

Kemandulan dapat dimiliki oleh kaum perempuan maupun laki-laki. Sebab dalam beberapa kasus faktor perempuan hanya sepertiga dari total kasus kemandulan, sepertiganya lagi merupakan faktor laki-laki dan sepertiga sisanya merupakan gabungan antara faktor laki-laki dan perempuan.

Kemandulan pada laki-laki umumnya disebabkan oleh :

· Gangguan pada pabrik sperma sehingga sel sperma yang dihasilkan sedikit dibandingkan sel sperma normal atau tidak dihasilkan sama sekali sel sperma.

· Gangguan pada kemampuan sperma untuk mencapai sel telur dan membuahinya. Hal ini biasanya disebabkan bentuk sperma yang tidak normal sehingga mengganggu pergerakannya.

Gangguan pada sperma ini kebanyakan karena adanya perubahan gaya hidup. Sehingga seorang dewasa normal bisa juga mengalami gangguan sperma ini. Akan tetapi bisa juga gangguan sperma ini telah dibawa sejak lahir. Perubahan gaya hidup yang tidak bersahabat dengan sperma ini antara lain : minum beralkohol, narkoba, polusi udara, merokok, penggunaan radiasi atau kemoterapi untuk pengobatan kanker, dan obat-obatan yang tidak jelas.

Kemandulan pada perempuan umumnya disebabkan karena terganggunya proses ovulasi, ditandai dengan haid yang tidak teratur atau tidak haid sama sekali, atau Nyeri haid yang diluar kebiasaan. Kemandulan pada perempuan dapat juga diakibatkan gangguan antara lain :

  • Tertutupnya saluran lubang Tuba Fallopi yang disebabkan infeksi.
  • Endometriosis dan operasi pengangkatan kehamilan ektopik
  • Gangguan fisik rahim
  • Penyakit radang panggul
  • Keguguran lebih dari sekali
Peluang terjadinya kemandulan pada perempuan ini ditingkatkan oleh beberapa faktor antara lain : umur, stress, kurang gizi, terlalu gemuk dan terlalu kurus, merokok, alkohol, penyakit menular seksual, terganggunya keseimbangan hormon karena terganggunya kesehatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar