Minggu, 04 Oktober 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) IPS


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS IV

SEMESTER 1

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas I Semester : IV/I

Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan Minggu ke- 1 sampai 3 (3 minggu)

_________________________________________________________________________

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku

bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi

  1. II. Kompetensi Dasar : Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi)

dengan menggunakan skala sederhana

III. lndikator : ● Membaca lambang/simbol dalam peta daerah tempat

tinggalnya

● Menunjukkan tempat-tempat penting di kabupaten/kota

daerahtempat tinggalnya pada peta seperti tempat

bersejarah, pelabuhan laut/udara, dan lain-lain

● Menunjukkan daerah tempat tinggalnya (kabupaten/kota)

● Menunjukkan ibukota dan namanya di provinsi tempat

tinggalnya

● Menggambar peta kabupaten/kota dan atau provinsi tempat

tinggalnya dengan rnenggunakan skala sederhana

IV. Materi Pokok

Membaca peta lingkungan setempat dengan menggunakan skala sederhana

  1. V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 – 3)

Pertemuan 1

1. Kegiatan awal

Tanya jawab seputar peta dan simbolnya

Siswa diajak menyanyi lagu ”Dari Sabang sampai Mereauke

2. Kegiatan inti

- Siswa ditugasi membaca lambang/simbol pada peta

- Menunjukkan tempat-tempat penting dalam peta

3. Kegiatan akhir

Menugasi anak maju membaca peta dan menunjukkan tempat-tempat penting

di daerah kabupaten/kota, dan provinsi tempat tinggalnya

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

- Tanya jawab tentang jumlah daerah kabupaten/kota di provinsinya

- Guru memanfaatkan peta untuk menunjukkan daerahnya

2. Kegiatan inti

- Menunjukkan daerah tempat tinggalnya

- Menunjukkan tempat ibukota daerah kabupaten/kota dan provinsinya beserta nama

daerah ibukota tersebut

3. Kegiatan akhir

Secara acak guru menugasi murid untuk menunjukkan daerah tempat tinggalnya

Pertemuan 3

  1. Kegiatan awal

Guru menunjukkan daerah tempat tinggal anak-anak

dan menyuruh murid mengamati peta yang ada di papan tulis

  1. Kegiatan inti

- Guru menjelaskan langkah-langkah menggambar peta

- Murid menggambar peta dengan menggunakan skala sederhana

3. Kegiatan akhir

Siswa ditugasi menggambar peta

VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Peta/atlas/globe dan peralatan menggambar

2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV SD Erlangga halaman 1 – 10

Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian

Tes dan nontes

Tes

Dalam tes ini disajikan dengan tes tulis bentuk uraian

Sedangkan dalam nontes disajikan kinerja, penugasan, dan portofolio

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Apakah yang dimaksud legenda pada sebuah peta?

2. Jelaskan manfaat skala dalam peta!

3. Apa artinya skala 1 : 1.000.000 dalam suatu peta?

4. Tulislah apa saja tempat-tempat penting yang ada di daerah tempat tinggalmu!

5. Tulislah langkah-langkah menggambar peta!

Nontes

1. Kinerja : Kesungguhan anak membaca simbol/lambang dalam peta

2. Penugasan : Menunjukkankan letak tempat-tempat penting dalam peta

3. Portofolio : Menggambar peta Indonesia dengan diperbesar 2 kali

Catatan:

Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari kelas IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester : IV/I

Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan Minggu ke- 4 sampai 6 (3 minggu)

_________________________________________________________________________

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku

bangsa di lingkungan kebupaten/kota dan provinsi

  1. II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/

kota dan provinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya

  1. III. lndikator : ● Mengidentifikasi ciri-ciri dan manfaat kenampakan alam

● Menunjukkan ciri-ciri sosial dan budaya di kabupaten/kota

provinsi tempat tinggalnya

● Menjelaskan keanekaragaman sosial di daerahnya

● Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya

● Menunjukkan tempat suku bangsa yang ada di daerahnya

● Menunjukkan tempat budaya di daerahnya

IV. Materi Pokok

Kenampakan alam dan keragaman sosial budaya

  1. V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 4-6)

Pertemuan 1

  1. Kegiatan awal

Tanya jawab tentang nama-nama pelabuhan dan bandar udara serta kenampakan

alam lainnya yang ada di daerahnya

  1. Kegiatan inti

- Menjelaskan macam-macam kenampakan alam

- Menjelaskan ciri-ciri kenampakan alam di kabupaten/kota dan provinsi setempat

- Menunjukkan ciri-ciri sosial budaya yang ada di daerahnya

  1. Kegiatan akhir

Siswa membuat rangkuman materi

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

Siswa menunjukkan pada peta tempat suku dan budaya di daerahnya

2. Kegiatan inti

- MenjeIaskan keanekaragaman sosial di kabupaten/kota dan provinsinya

- Menjelaskan keanekaragaman budaya di daerahnya

3. Kegiatan akhir

Siswa merangkum materi pelajaran

Pertemuan 3

1. Kegiatan awal

Guru menunjukkan keragaman sosial dan budaya di daerahnya

2. Kegiatan inti

- Mengamati peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya

- Menunjukkan tempat suku bangsa di daerahnya

- Menunjukkan tempat budaya di daerahnya

3. Kegiatan akhir

Siswa menunjukkan dalam peta tempat suku bangsa dan budaya di daerahnya

VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Gambar kenampakan/pemandangan alam

Gambar pakaian adat

Gambar rumah adat

Gambar gunung meletus

Gambar bencana alam banjir

2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 11 – 28

Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian

Tes dan Nontes

Tes

Dalam tes ini disajikan tes tulis dalam bentuk isian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

1. Kenampakan alam ada dua yaitu buatan dan ….

2. Pabrik termasuk kenampakan alam ….

3. Pemandangan alam termasuk kenampakan alam ….

4. Suku Sasak terdapat di Provinsi ….

5. Rumah gadang terdapat di daerah ….

6. Tari jaipongan ada di daerah ….

7. Masyarakat pesisir kebanyakan bekerja di bidang ….

8. Kenampakan alam di daerah pegunungan berupa ….

9. Keris sebagai senjata tradisional dari ….

10. Rumah joglo berasal dari ….

Nontes

Disajikan dalam bentuk

1. Performance/kinerja : Siswa satu persatu maju untuk menunjukkan gunung, sungai,

danau, selat, tanjung, teluk pada peta di provinsi tempat tinggal-

nya

2. Produk/hasil : Menggambar rumah adat

3. Penugasan : Mengerjakan latihan evaluasi/PR

4. Portofolio : Mengadakan kunjungan wisata di daerahnya kemudian membuat

laporan dan diserahkan ke gurunya

Catatan:

Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari kelas IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester : IV/I

Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan Minggu ke- 7 sampai 9 (3 minggu)

_________________________________________________________________________

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku

bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

  1. II. Kompetensi Dasar : Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta

pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di Iingkungan

setempat

III. lndikator : ● Mengidentifikasi jenis-jenis sumber daya alam yang berhu-

bungan dengan kegiatan ekonomi

● Menggunakan peta setempat untuk menunjukkan persebaran

sumber daya alam

● Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di

Iingkungan setempat

● Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di lingkungan

tempat tinggalnya

● Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya

●Membuat daftar tentang kegiatan ekonomi dan pemanfaatannya di lingkungan tempat tinggalnya

IV. Materi Pokok

Sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi

  1. V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 7 – 9)

Pertemuan 1

1. Kegiatan awal

Tanya jawab yang berhubungan dengan indukator nomor 1 dan 2 pelajaran di atas

2. Kegiatan inti

- Mendiskusikan jenis-jenis sumber daya alam

- Menggunakan peta untuk menunjukkan tempat-tempat penghasil sumber daya

alam dan persebarannya

3. Kegiatan akhir

Menunjukkan dalam peta jenis-jenis sumber daya alam dan persebarannya

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

Tanya jawab pelajaran minggu lalu tentang jenis-jenis sumber daya alam

2. Kegiatan inti

Menunjukkan pada peta tempat persebaran sumber daya alam

3. Kegiatan akhir

Mencatat tempat-tempat persebaran sumber daya alam

Pertemuan 3

1. Kegiatan awal

Tanya jawab yang berhubungan dengan indikator nomor 5 dan 6 pelajaran di atas

2. Kegiatan inti .

Menunjukkan persebaran kegiatan ekonomi di daerah tempat tinggalnya

Membuat

3. Kegiatan akhir

Mengerjakan ulangan harian

VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Peta daerah kabupaten/kota dan provinsi tempat tinggalnya

Gambar berbagai jenis sumber daya alam

2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 29 – 56

Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian

Tes dan nontes

Tes

Dilakukan dengan tes tulis bentuk uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Ada berapa macam sumber daya alam itu?

2. Sumber daya alam apa saja yang tidak dapat diperbaharui?

3. Di daerah manakah banyak terdapat kelapa sawit?

4. Provinsi manakah yang menghasilkan gas alam cair terbesar di Indonesia?

5. Kegiatan ekonomi apa saja yang terbesar di daerahmu?

Nontes

Dilakukan dalam bentuk

1. Penugasan : Menunjukkan pada peta tempat-tempat yang terdapat sumber

daya alam di daerah tempat tinggalnya

2. Portofolio : Membuat diagram pembagian sumber daya alam beserta contoh

dan manfaatnya. Kemudian dipresentasikan di depan kelas

Catatan:

Untuk lebih jelasnya dalam mengembangkan penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester : IV/I

Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan Minggu ke-10 sampai 12 (3 minggu)

_________________________________________________________________________

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku

bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

  1. II. Kompetensi Dasar : Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat

(kabupaten/kota, provinsi)

III. lndikator : ● Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika”

● Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya

● Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan

budaya setempat

● Memberikan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa

dan budaya setempat

● Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa dan

budaya di masyarakat

● Menunjukkan keragaman budaya yang ada di daerahnya me-

lalui peta

IV. Materi Pokok

Keanekaragaman suku bangsa dan budaya

  1. V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 10 – 12)

Pertemuan 1

1. Kegiatan awal

Tanya jawab tentang pengertian “Bhineka Tunggal Ika”

Siswa diajak menyanyi lagu ”Garuda Pancasila”

2. Kegiatan inti

- Menjelaskan pengertian “Bhineka Tunggal Ika”

- Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keragaman budaya

3. Kegiatan akhir

Menunjukkan letak tulisan dalam burung garuda Pancasila

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

Tanya jawab tentang keragaman adat istiadat dan budaya yang ada di Iingkungannya

2. Kegiatan inti

Membandingkan bentuk-bentuk keragaman suku bangsa dan budaya setempat

Memberikan contoh cara menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat

3. Kegiatan akhir

- Mencatat rangkuman tentang materi yang diajarkan

- Menyimpulkan hasil diskusi

Pertemuan 3

  1. Kegiatan awal

Siswa diajak menyanyi lagu yang relevan dengan pembahasan

  1. Kegiatan inti

Menunjukkan sikap menerima keragaman suku bangsa di masyarakat

Menunjukkan keragaman budaya di daerahnya melalui peta

3. Kegiatan akhir

Mengamati peta dan menunjukkannya

VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Gambar-gambar aneka suku bangsa dan budaya

2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 57 – 74

Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian

Tes dan nontes

Tes

Dilakukan dengan tes tulis bentuk isian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

1. Bhinneka Tunggalka berasal dari bahasa ….

2. Bhinneka Tunggal Ika artinya walau berbeda-beda tetapi tetap ….

3. Untuk mengikat rasa persatuan dan kesatuan maka perlu mengamalkan

lambang negara kita….

4. Patih Gajah Mada berusaha keras mempersatukan wilayah ….

5. Suku Gayo terdapat di wilayah Provinsi ….

6. Suku Batak terdapat di wilayah Provinsi ….

7. Hutauruk berasal dari suku Batak, Ujang dari Jawa Barat, Jiung dari suku Betawi, Joko

berasal dari suku Jawa, dan I Ketut dari Bali. Boleh berbeda suku tetapi harus tetap ….

8. Sumpah Palapa dicetuskan oleh ….

9. Sumpah Pemuda dikumandangkan pada tanggal ….

10. Persatuan dan kesatuan bangsa menjadi kunci utama … negara.

Nontes

Dalam nontes ini disajikan dalam bentuk:

1. Kinerja : Siswa maju menyampaikan nama-nama suku di wilayah Jawa

dengan menggunakan peta

2. Produk/hasil : Memberi warna pada burung garuda

3. Portofolio : Membuat poster dengan tulisan huruf tegak bersambung

Catatan:

Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester : IV/I

Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan Minggu ke 13 sampai 15 (3 minggu)

__________________________________________________________________________

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku

bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

II. Kompetensi Dasar : Menghargai berbagai peninggalan sejarah di Iingkungan

setempat (kabupaten/kota provinsi) dan menjaga kelestarianya

  1. III. lndikator : ● Mencatat peninggalan-peninggalan sejarah di Iingkungan

setempat

● Mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu

tempat dan berbagai sumber

● Mengelompokkan jenis-jenis dan ciri-ciri peninggalan

bersejarah di Iingkungan setempat

● Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan

setempat

● Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah

● Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah

● Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat-tempat

bersejarah di Iingkungan setempat

IV. Materi Pokok

Peninggalan sejarah di lingkungan setempat

  1. V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 13 – 15)

Pertemuan 1

1. Kegiatan awal

Tanya jawab tentang peninggalan sejarah

2. Kegiatan inti

- Mencatat peninggalan sejarah yang ada di Iingkungan setempat

- Mencari dan mengumpulkan informasi tentang asal-usul nama suatu tempat

3. Kegiatan akhir

Membuat rangkuman dan mencatat macam-macam peninggalen sejarah yang ada di Iingkungan

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

Tanya jawab tentang cini-ciri peninggalan sejarah

2. Kegiatan inti

- Mengelompokkan jenis dan ciri peninggalan sejarah yang ada di lingkungan setempat

- Menceritakan peninggalan bersejarah yang ada di lingkungan setempat

3. Kegiatan akhir

Pendalaman materi tentang pengelompokkan peninggalan bersejarah dan menceritakannya di depan kelas

Pertemuan 3

1. Kegiatan awal

Tanya jawab mengulang materi pertemuan 1 dan 2

2. Kegiatan inti

- Menjelaskan cara menjaga kelestarian peninggalan sejarah

- Mengadakan kunjungan ke tempat bersejarah

- Membuat laporan hasil kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Iingkungan

setempat

3. Kegiatan akhir

- Mengumpulkan gambar tempat-tempat peninggalan bersejarah

- Mengumpulkan hasil laporan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah

VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Gambar-gambar peninggalan bersejarah (misal; Candi Boro-budur, gereja Katedral, masjid Maimun Medan, dan lain-lain)

2. Sumber : Buku IPS Asy’ari kelas IV Erlangga halaman 75 – 86

Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian

Tes dan nontes

Tes

Dalam tes ini dilakukan secara tertulis bentuk uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Siapa yang bertanggung jawab menjaga kelestarian tempat bersejarah?

2. Tulislah apa saja yang termasuk tempat peninggalan bersejarah? 3 saja!

3. Bagaimana cara menjadi bangsa yang baik?

4. Berupa apakah peninggalan sejarah agama Hindu?

5. Di manakah tempat menyimpan benda-benda bersejarah?

Nontes

Dalam nontes ini disajikan dalam bentuk:

1. Penugasan : Menceritakan tentang tempat bersejarah dan asal-usul nama suatu tempat

2. Portofolio : Membuat kliping tentang tempat bersejarah/peninggalan berse- jarah

Catatan:

Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas I Semester : IV/I

Alokasi Waktu : 9 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan Minggu ke-16 dan 17 (2 minggu)

Materi terakhir untuk jatah semester I

_________________________________________________________________________

  1. I. Standar Kompetensi : Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku

bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

  1. II. Kompetensi Dasar : Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di

lingkungannya

III. lndikator : ● Menjelaskan pentingya memiliki sikap kepahlawanan dan

patriotisme

● Memberi contoh rela berkorban

● Menunjukkan sikap positif atas jasa para pahlawan dalam

membela bangsa dan negara

● Menghargai para pahlawan bangsa dengan mengingat jasa-

jasa mereka

● Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar

● Memberi contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-

hari

IV. Materi Pokok

Meneladani patriotisme dan kepahlawanan

  1. V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan ke-16 dan 17 terakhir untuk semester I)

Pertemuan 1

1. Kegiatan awal

Tanya jawab tentang kepahlawanan dan patriotisme

2. Kegiatan inti

- Menjelaskan pentingnya memiliki sikap kepahlawanan dan patriotisme

- Memberikan contoh sikap rela berkorban untuk sesama

- Menunjukkan sikap positif jasa pahlawan dalam membela bangsa dan negara dengan bermain peran.

3. Kegiatan akhir

Siswa diajak membuat rangkuman tentang sikap-sikap kepahlawanan, contoh perbuatan rela berkorban, sikap positif jasa para pahlawan.

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

Tanya jawab kepahlawanan dan patriotisme

2. Kegiatan inti

- Menjelaskan cara menghargai jasa-jasa pahlawan

- Menjelaskan perlunya memiliki sikap berjiwa besar

- Memberikan contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari.

3. Kegiatan akhir

Pemantapan dengan membuat rangkuman tentang jasa-jasa pahlawan dan contoh sikap berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan 3

Ulangan harian: materi pertemuan 1 dan 2 soal di buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga


VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Gambar pahlawan dan gambar tempat bersejarah

2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 87 – 106

Buku pendamping yang relevan

VII. Penilaian

Tes dan nontes

Tes tulis dilakukan dengan soal uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Apa sebutan atau gelar untuk Sultan Hasanuddin?

2. Tulislah siapa saja nama-nama pahlawan yang berasal dari Sumatera Barat!

3. Siapakah K.H. Hasyim Asy’ari itu?

4. Siapa pula K.H. Ahmad Dahlan itu?

5. Sebutan apakah untuk nama-nama pahlawan yang berasal dari Aceh?

Nontes

1. Kinerja : Kesungguhan bermain peran dalam meng­hayati sikap kepahla- wanan dan patriotisme

2. Penugasan : Membuat laporan hasil diskusi tentang contoh sikap dan

patriotisme, rela berkorban, menghargai jasa para pahlawan dan

berjiwa besar dalam kehidupan sehari-hari

3. Portofolio : Membuat cerita tentang pahlawan yang berasal dari daerah tem-

pat tinggalnya (kabupaten/kota atau provinsi) dengan tulisan te-

gak bersambung

Catatan:

Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS IV

SEMESTER 2

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas/Semester : IV/II

Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan minggu ke- 1 sampai 4 (4 minggu)

_________________________________________________________________________

I. Standar Kompetensi : Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan

teknologi di lingkungan kabupaten I kota dan provinsi

II. Kompetensi Dasar : Mengenal aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber

daya alam dan potensi lain di daerahnya

III. lndikator : ● Menyebutkan sumber daya alam yang berpotensi di daerah-

nya

● Mengelompokkan sumber daya alam di daerahnya

● Menjelaskan manfaat sumber daya alam yang ada di daerah

● Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam

● Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerah

tempat tinggalnya

● Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi yang ada di daerah-

nya

● Menunjukkan tempat sumber daya alam pertanian, kelautan,

mineral dan energi dan sumber daya ruang

● Membuat laporan sederhana tentang hasil pengamatan tem-

pat sumber daya alam tersebut

IV. Materi Pokok

Aktivitas ekonomi yang berkaitan dengan sumber daya alam dan potensi lain yang ada di

daerahnya

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 1 - 4)

Pertemuan 1

1. Kegiatan awal

Siswa diajak mengamati gambar pemandangan alam

2. Kegiatan inti

Menyebutkan apa saja sumber daya alam di daerahnya yang mendukung kegitan ekono-

mi di daerahnya

Mengelompokkan sumber daya alam tersebut sesuai jenis-jenisnya

3. Kegiatan akhir

Merangkum materi pelajaran yang telah diterimanya

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

Siswa diajak menyanyi ”Nyiur Melambai”

Tanya jawab materi pelajaran

2. Kegiatan inti

Menjelaskan tentang manfaat sumber daya alam

Menjelaskan perlunya melestarikan sumber daya alam

3. Kegiatan akhir

Mencatat hal-hal penting tentang manfaat dan melestarikan sumber daya alam

Pertemuan 3

1. Kegiatan awal

Menjawab pertanyaan guru

2. Kegiatan inti

Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan ekonomi di daerahnya

Menunjukkan tempat kegiatan ekonomi di daerahnya

3. Kegiatan akhir

Murid maju menunjukkan melalui peta tempat kegiatan ekonomi di daerahnya

Pertemuan 4

1. Kegiatan awal

Mengamati peta di papan tulis

Menunjukkan tempat dan jenis-jenis sumber daya alam

2. Kegiatan inti

Menjelaskan jenis-jenis sumber daya alam di daerahnya

Menceritakan sumber daya alam yang mendukung kegiatan ekonomi

3. Kegiatan akhir

Bercerita di depan kelas tentang sumber daya alam yang berkaitan dengan kegiatan

ekonomi di daerahnya

VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Gambar berbagai jenis sumber daya alam

2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 107 – 116

Buku pendamping IPS yang relevan

VII. Penilaian

Tes dan nontes

Tertulis: Uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Tulislah tiga sumber daya alam yang dapat diperbarui!

2. Tulislah tiga sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui!

3. Tulislah potensi ekonomi yang terdapat di daerah tempat tinggalmu!

4. Jelaskan bagaimana cara melestarikan sumber daya alam agar tidak cepat habis atau pu-

nah!

5. Apa saja manfaat sumber daya alam pertanian?

Nontes

1. Performance : Menceritakan di depan kelas tentang manfaat sumber daya

alam bagi kehidupan manusia

2. Portofolio : Membuat pembagian 4 sumber daya alam yang ada di daerah

tempat tinggalnya

Catatan:

Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas I Semester : IV/II

Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan minggu ke- 5 sampai 8 (4 minggu)

————————————————————————————————————————-

I. Standar Kompetensi : Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi

II. Kompetensi Dasar : Mengenal pentingnya koperasi dalam meningkatkan kese-jahteraan masyarakat

III. lndikator : ● Menyebutkan kegiatan apa saja yang ada dalam kantor kope-

rasi

● Mengelompokkan jenis-jenis koperasi yang ada di daerahnya

● Menjelaskan manfaat koperasi pada anggota

● Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjual­belikan

dalam koperasi

● Membedakan koperasi dengan badan usaha milik negara

● Membuat bagan struktur pengurus koperasi

● Menceritakan bentuk-bentuk kegiatan koperasi yang ada di

dalam masyarakat

IV. Materi Pokok

Pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 5 – 8)

Pertemuan 1

1. Kegiatan awal

Mengamati gambar/lambang koperasi

2. Kegiatan inti

Menyebutkan kegiatan koperasi

Mengelompokkan jenis-jenis koperasi

3. Kegiatan akhir

Membuat rangkuman materi pelajaran

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

Mengamati barang-barang yang biasanya dijual di koperasi

Tanya jawab tentang jenis barang dan manfaatnya

2. Kegiatan inti

Menjelaskan tentang manfaat koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Menunjukkan berbagai jenis barang yang diperjualbelikan dalam koperasi

3. Kegiatan akhir

Menyampaikan di depan kelas manfaat koperasi

Pertemuan 3

1. Kegiatan awal

Memperhatikan bagan pengurus koperasi

2. Kegiatan inti

Membedakan koperasi dengan BUMN

Membuat bagan pengurus koperasi

3. Kegiatan akhir

Membuat bagan pengurus koperasi yang ada di daerahnya

Pertemuan 4

1. Kegiatan awal

Guru memceritakan manfaat koperasi

2. Kegiatan inti

Menceritakan manfaat koperasi yang ada di daerahnya

3. Kegiatan akhir

Bercerita di depan kelas tentang manfaat koperasi

VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Gambar kegiatan koperasi

2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 117 – 124

Buku pendamping tentang koperasi

VI. Penilaian

Tes dan nontes

Tertulis : Isian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

1. Koperasi adalah usaha bersama berdasarkan pada asas ….

2. Bank-bank pemerintah termasuk ….

3. Koperasi di Indonesia yang pertama kali didirikan oleh ….

4. Modal koperasi berasal dari ….

5. Kekuasaan tertinggi pada koperasi dipegang oleh ….

Nontes

Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:

1. Performance : Bercerita di depan kelas tentang manfaat koperasi

2. Portofolio : Mengisi kolom bentuk-bentuk koperasi di Indonesia

Catatan:

Untuk lebih jelasnya tentang penilaian ini lihat buku IPS Kelas IV Asy’ari Erlangga

-

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas I Semester : IV/II

Alokasi Waktu : 15 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan minggu ke- 9 sampai 13 (5 minggu)

————————————————————————————————————————–

I. Standar Kompetensi : Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan

teknologi di lingkungan kabupaten kota dan provinsi

II. Kompetensi Dasar : Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan

transportasi serta pengalaman menggunakannya

III. lndikator : ● Membandingkan/membedakan jenis teknologi produksi pada

masa lalu dan masa sekarang

● Menunjukkan peralatan teknologi produksi masa lalu dan

sekarang

● Menyebutkan macam-macam alat produksi masa lalu dan

masa kini

● Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi

lalu dan sekarang

● Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi

masa lalu dan masa kini

● Membandingkan/membedakan jenis teknologi komunikasi

pada masa lalu dan masa sekarang

● Menunjukkan peralatan teknologi komunikasi masa lalu dan

sekarang

● Menyebutkan macam-macam alat komunikasi masa lalu dan

masa kini

● Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi

lalu dan sekarang

● Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi

masa lalu dan masa kini

● Membandingkan/membedakan jenis teknologi transportasi

pada masa lalu dan masa sekarang

● Menunjukkan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan

sekarang

● Menyebutkan macam-macam alat transportasi masa lalu dan

masa kini

● Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi

lalu dan sekarang

● Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi

masa lalu dan masa kini

IV. Materi Pokok

Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 9 – 13)

Pertemuan 1

1. Kegiatan awal

Mengamati gambar bermacam-macam teknologi produksi

2. Kegiatan inti

Mengelompokkan teknologi produksi masa lalu dan masa kini

Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya

Menunjukkan peralatannya

Menyebutkan macam-macamnya

Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya

Menggunakan teknologi tersebut secara sederhana

3. Kegiatan akhir

Membuat simpulan tentang teknologi produksi masa lalu dan masa kini

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

Mengamati gambar bermacam-macam teknologi komunikasi

2. Kegiatan inti

Mengelompokkan teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini

Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya

Menunjukkan peralatannya

Menyebutkan macam-macamnya

Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya

Menggunakan teknologi komunikasi secara sederhana

3. Kegiatan akhir

Membuat simpulan tentang teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini

Pertemuan 3

1. Kegiatan awal

Mengamati gambar bermacam-macam teknologi transportasi

2. Kegiatan inti

Mengelompokkan teknologi transportasi masa lalu dan masa kini

Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya

Menunjukkan peralatannya

Menyebutkan macam-macamnya

Menceritakannya di depan kelas atau kelompoknya

Menggunakan teknologi transportasi secara sederhana

3. Kegiatan akhir

Membuat simpulan tentang teknologi transportasi masa lalu dan masa kini

Pertemuan 4

1. Kegiatan awal

Tanya jawab tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

2. Kegiatan inti

Mengerjakan soal ulangan akhir bab/ulangan formatif

3. Kegiatan akhir

Menilai hasil pekerjaan murid

Pertemuan 5

Dalam pertemuan ke- 5 ini diberikan ulangan blok dari bab 7, 8, dan 9 dengan berbagai

bentuk soal

VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Gambar bermacam-macam teknologi produksi, komunikasi, dan

transportasi

2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 125 – 140

Buku tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

VI. Penilaian

Tes dan nontes

Tertulis : Isian

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!

1. Membuat kerupuk dengan tangan termasuk teknologi ….

2. Telepon yang tidak menggunakan kabel disebut telepon ….

3. Mobil, kereta api, dan pesawat termasuk teknologi ….

4. Salah satu ciri transportasi masa lalu adalah ….

5. Penemu telepon adalah ….

Nontes

Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:

1. Performance/kinerja : Bercerita di depan kelas/kelompoknya tentang teknologi produk-

si, komunikasi atau transportasi

2. Produk/hasil : Menggambar salah satu dari ke tiga teknologi tersebut

3. Portofolio : Mengisi tabel tentang ke tiga teknologi tersebut

Catatan:

Untuk lebih jelasnya dalam penilaian ini lihat buku IPS Asy’ari Kelas IV Erlangga

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)

Kelas I Semester : IV/II

Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran @ 35 menit

Pertemuan minggu ke- 14 – 17 (4 minggu)

Minggu terakhir pada jatah semester II

————————————————————————————————————————–

I. Standar Kompetensi : Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan

teknologi di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

II. Kompetensi Dasar : Mengenal permasalahan sosial di daerahnya

III. lndikator : ● Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya daerah (kabupa-

ten/kota, provinsi)

● Mengelompokkan kegiatan sosial dan kegiatan budaya di

daerahnya

● Menjelaskan akibat terjadinya bencana alam dan penga-

ruhnya terhadap kegiatan masyarakat

● Menjelaskan manfaat kegiatan sosial di daerahnya

● Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam

masyarakat

● Menunjukkan tempat kegiatan sosial dan budaya di daerah-

nya

● Membedakan kegiatan sosial dan budaya untuk anak-anak

dan orang tua

● Menceritakan kegiatan sosial dan budaya yang pernah dili-

hatnya di depan kelas atau kelompoknya

IV. Materi Pokok

Masalahan sosial

V. Kegiatan Pembelajaran (Pertemuan 14 – 17)

Pertemuan 1

1. Kegiatan awal

Mengamati gambar kegiatan memperbaiki jembatan

2. Kegiatan inti

Menyebutkan ciri-ciri kegiatan sosial budaya di daerahnya

Mengelompokkan kegiatan sosial budaya di daerahnya

3. Kegiatan akhir

Merangkum pelajaran yang telah diterimanya

Pertemuan 2

1. Kegiatan awal

Tanya jawab yang berhubungan dengan materi pelajaran

2. Kegiatan inti

Menjelaskan tentang manfaat kegiatan sosial budaya di daerahnya

Menjelaskan akibat bencana alam terhadap kegiatan sosial budaya masyarakat

3.Kegiatan akhir

Menyimpulkan penjelasan guru

Pertemuan 3

1. Kegiatan awal

Melalui gambar murid menunjukkan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya masyarakat

2. Kegiatan inti

Menyebutkan bentuk-bentuk kegiatan sosial dan budaya

Menunjukkan tempat kegiatan sosial budaya tersebut

3. Kegiatan akhir

Mendiskusikan dengan kelompoknya kegiatan sosial budaya di masyarakat

Pertemuan 4

1. Kegiatan awal

Tanya jawab materi pelajaran

Melalui pengamatan anak dapat membedakan kegiatan sosial dan budaya di masya-

kat

2. Kegiatan inti

Menjelaskan bentuk-bentuk kegiatan sosial budaya dalam masyarakat.

­ Membedakan bentuk kegiatan sosial dan budaya di masyarakat

Menceritakan tentang kegiatan sosial budaya di masyarakat

3. Kegiatan akhir

Menjawab pertanyaan lisan dari gurunya

VI. Alat dan Sumber Bahan

1. Alat Peraga : Gambar kegiatan sosial (kerja bakti) dan budaya

2. Sumber : Buku IPS kelas IV Asy’ari Erlangga halaman 141 – 157

Buku pendamping IPS kelas IV yang relevan

VII. Penilaian

Tes dan nontes

Tulis : Uraian

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!

1. Jelaskan yang dimaksud lingkungan sosial!

2. Jelaskan dua akibat jika pertumbuhan penduduk tidak terkendali!

3. Jelaskan dua cara pemerintah dalam mengatasi kebodohan!

4. Jelaskan empat cara melindungi diri dari kejahatan!

5. Tuliskan tiga ciri keluarga miskin!

Nontes

Dalam nontes ini dilakukan dalam bentuk:

1. Performance : Bercerita di depan kelas/kelompok tentang masalah sosial dan

budaya di daerahnya

2. Portofolio : Membuat poster tentang kepedulian masalah sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar